Minggu, 02 Oktober 2011

cara kerja mesin pencari google


Apa yang pertama-tama kamu lakukan ketika mengakses internet? Yah, kebanyakan penggunakan internet pertama kali yang dilakukan adalah googling. Mengapa disebut googling? Ya, kata ini mulai menjadi istilah untuk aktivitas pencarian dengan mesin cari Google yang menjadi raksasa nomor satu sebagai mesin cari (search engine).

Cara Kerja Mesin Pencari Google

Bagaimana cara kerja sebuah mesin cari google. Berikut akan saya jelaskan cara kerja mesin cari Google yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Sebuah search engine memiliki komponen laba-laba (spider) yang sering disebut juga perambah (crawler). Elemen spider ini melakukan kunjungan ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situs tersebut. Biasanya search engine melakukan kunjungan secara periodik untuk melihat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi.

Program yang dikenal sebagai crawler, spider atau robot yang digunakan Google sebagai petugas dunia internet bernama Cusco, Scooter dan Deephot. Ketiga Detektif Google ini menilai sebuah situs dengan berbagai cara. Pertama-tama mereka mencari info utama dari sebuah title-tag, HTML tag, serta meta tag. Selain itu juga menelurusi teks yang ada pada situs beserta link-nya. Tidak ketinggalan pula untuk memeriksa file robots.txt yang memuat informasi mana saja yang boleh diteruskan atau tidak. Dari hal ini maka akan ada direktori tertentu yang diabaikan pendataannya, terutama pada file-file yang berisi informasi sensitif.

Tiap-tiap elemen yang ditemui oleh sang spider akan direkam kedalam sebuah indeks. Indeks mirip sebuah buku raksasa yang berisikan copy dari situs yang ditemukannya. Apabila ditemukan perubahan pada situs, secara otomatis pula sang laba-laba melakukan pembaruan (update).



Google melakukan proses pengindeksan tersebut secara otomatis dan teratur. Pada saat itu pula Google mendata halaman baru, membuang tautan (link) yang mati dan memperbarui link tersebut. Namun kadang-kadang diperlukan proses penulisan halaman baru dari yang ditemukan spider. Jadi akan ada kemungkinan bahwa informasi terbaru dalam situs intenet tersebut tidak masuk dalam katalog indeks.

Selanjutnya, aplikasi mesin cari Google yang bertugas memilah ribuan data yang terdapat dalam katalog serta mencocokannya sesuai dengan permintaan si pencari. Barulah kemudian menampilkannya pada monitor komputer sesuai berupa daftar sesuai dengan urutan (ranking). Aplikasi yang digunakan Google untuk membuat ranking tersebut dikenal dengan sebuatan PageRank.

Demikianlah rahasia dibalik kesuksesan mesin cari Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar